6 Maret 2013

Anyang-anyangan Dan Cara Mengobatinya

Kita sering mendengar ada satu penyakit dimana penyakit itu kebanyakan diderita oleh wanita, meskipun penyakit ini kadang bisa juga dialami oleh pria, yakni penyakit yang bernama Anyang-anyangan. Namun apakah sebenarnya penyakit Anyang-anyangan itu?, dan apa penyebabnya?, lalu  bagaimanakah cara mengobatinya?. Di bawah ini adalah sekelumit paparan yang mungkin dapat membantu Anda untuk melakukan antisipasi atau pencegahan sebelum terkena penyakit tersebut dan mengobatinya jika mungkin sudah terkena.

Pengertian

Penyakit Anyang-anyangan merupakan sebuah penyakit infeksi saluran kemih, khusunya saluran kemih bagian bawah. Infeksi yang terjadi biasanya disebabkan oleh berbagai bakteri dan kuman, dan diantara yang menjadi penyebab paling sering adalah bakteri Escherichia Coli atau yang lebih dikenal dengan bakteri E.Coli, juga bakteri Pseudomonas dan bakteri Klebsiella. Bila Anyang-anyangan tidak segera diobati dan bibit penyakitnya berbiak semakin banyak, maka kuman bisa menjalar memasuki saluran kemih yang lebih atas yang mengakibatkan kuman dan bibit penyakit bisa sampai ke ginjal, dan ginjal Anda pun bisa terkena infeksi. Kondisi infeksi ginjal yang tidak bisa diobati dan menahun, maka bisa berakhir pada terjadinya gagal ginjal.

Penyakit Anyang-anyangan dapat diderita oleh pria maupun wanita, namun penyakit ini lebih biasanya banyak di derita oleh wanita. Hal ini dikarenakan organ reproduksi wanita lebih pendek daripada pria, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih, sementara pada pria alat reproduksinya lebih panjang sesuai dengan ukuran organ vitalnya. Kalu pada pria penyakit ini merupakan gejala dari radang dan pembengkakan yang terjadi di kelenjar prostat. Pada wanita yang sudah menikah, infeksi saluran kemih bawah sering muncul sehabis melakukan hubungan intim (bersenggama). Setelah dua atau tiga hari berselang pasca melakukan hubungan intim (bersenggama), keluhan nyeri kencing itu biasanya akan muncul. 

Infeksi saluran kemih diliputi oleh beberapa faktor pembawa penyakit tersebut, yakni rasa ingin berkemih yang terus-menerus, namun air kemih hanya keluar sedikit. Kesulitan dalam berkemih sehingga urine yang dikeluarkan tidak lancar dan sedikit demi sedikit atau hanya menetes saja, bahkan terkadang air kemih tidak ada, sering disertai dengan rasa sakit dan panas seakan-akan terbakar. Gangguan inilah yang sering disebut dengan Anyang-anyangan. 

Penyebab Anyang-anyangan

Penyakit Anyang-anyangan termasuk salah satu penyakit sebagai penyakit kambuhan. Kekambuhan penyakit ini sering terjadi sehabis melakukan hubungan intim (bersenggama). Bila kurang memperhatikan kebersihan organ vital, baik sebelum maupun sesudahnya melakukan hubungan intim (bersenggama) baik pihak suami atau pihak istri, dan setelahnya berhubungan juga pihak istri tidak langsung berkemih dan membersihkan organ kewanitaanya, maka itu merupakan salah satu faktor penyebab terserangnya penyakit anyanga-anyangan ini. Sekali pernah terserang anyang-anyangan biasanya sewaktu-waktu bisa kambuh. 

Selain itu, jika sorang wanita semasa haidnya pernah mengalami infeksi saluran kemih bagian bawah (urethritis), maka besar kemungkinan akan kambuh kembali sehabis malam pengantin. Dua-tiga hari setelah malam pengantin, mendadak nyeri berkemih, demam ringan, tidak enak badan, mual, nyeri kepala dan jika penyakitnya menghebat, air seni tampak merah seperti ar cucian daging.

Selain posisi saluran kemih, Anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antaral lain:
=> Kurang minum hingga kehausan dan kekurangan cairan (dehidrasi)
=> Terlalu lelah dan terlalu banyak mengeluarkan keringat 
=> Terlalu banyak duduk
=> Terbiasa meminum air dalam keadaan dingin atau panas. 

Gejala Anyang-anyangan
  • Sering kencing dalam jumlah sedikit dan tidak lancar 
  • Terasa sakit dan nyeri ketika kencing
Cara Mengobati Anyang-anyangan

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit Anyang-anyangan, baik yang alami maupun yang tidak. Berikut adalah beberapa resep untuk mengobati penyakit Anayng-anyangan secara alami dan tradisional, diantaranya :

Resep 1 

Bahan-bahan : 
  • Siapkan buah jeruk nipis 
  • Air panas secukupnya 
  • Gula pasir secukupnya 
Cara membuat dan meminumnya : 
  • Potong dan peras jeruk nipis
  • Campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam satu gelas air panas
  • Maniskan dengan menambahkan gula, tetapi jangan terlalu banyak 
  • Minum campuran air tersebut secara langsung sampai habis
  • Ulangi beberapa kali sampai sembuh.
Resep 2 

Bahan-bahan :
  • 30 gram sawi tanah segar
  • 30 gram semanggi gunung (tike)
  • 30 gram gula pasir
  • 600 cc air
Cara membuat dan meminumnya :
  • Cuci sampai bersih semua bahan, kemudian rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, tambahkan gula pasir
  • Angkat rebusan lalu tiriskan dan saring
  • Minum ramuan tersebut 2 kali sehari
  • Ulangi beberapa kali sampai sembuh.
Resep 3

Bahan-bahan : 
  • 1 buah sirsak setengah masak 
  • Gula pasir secukupnya 
  • 2 gelas air 
Cara membuat dan meminumnya : 
  • Kupas buah sirsak, lalu direbus dengan 2 gelas air dan gula pasir sampai mendidih (gunakan api kecil untuk merebus)  
  • Setelah mendidih, angkat rebusan lalu tiriskan dan saring 
  • Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari 
  • Ulangi beberapa kali sampai sembuh. 
Selain dengan cara membuat ramuan alami sebagimana tersebut di atas, anyang-anyangan juga bisa diobati dengan cara lama (kuno), antara lain:
  1. Minum air putih yang banyak kemudian ikat jempol kaki pakai karet gelang, maka tidak lama kemudian biasanya penyakit anyang-anyangen akan hilang.
  2. Ada juga dengan cara minum air mentah dari “gentong” (tempat menampung air bersih untuk masak-memasak terbuat dari tanah) dengan menggunakan “irus” (sebutan orang jawa untuk sendok sayur, terbuat dari batok kelapa bergagang dari bilah bambu).
  3. Ada juga dengan cara merendam kaki pada air dingin atau air es. Air dingin atau air es terlebih dahulu dimasukkan kedalam baskom atau ember, kemudian rendamlah kaki Anda pada baskom atau ember tersebut sampai anyang-anyangan mereda dan hilang. Semakin dingin air yang digunakan semakin baik.
  4. Ada juga dengan cara membakar pecahan genting kampung (terbuat dari tanah) smpai membara, lalu genting yang sudah membara Anda kencingi, biasanya juga tidak lama kemudia anyang-anyangan akan hilang..
  5. Cara lain dengan mengoleskan semacam balsam atau remason pada “bujel/udel”, maka biasanya anyang anyangan akan hilang. 
Demikian perihal Anyang-anyangan dan cara mengobati penyakit tersebut, mudah-mudahan bermanfaat.


Sumber Rujukan: 
http://anyanganyangan.com