14 April 2012

Manfaat Daun Sirih Untuk Obat

Sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat pada batang, pagar atau tumbuhan lain sebagai tempat tumbuh. Daun sirih yang bernama latinnya Piper betle lynn Ini, aslinya berasal dari India, Sri Lanka, dan Malaysia. Namun ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa daun siri adalah tanaman asli Indonesia. Secara tradisional daun sirih awalnya dipakai untuk mengatasi masalah-masalah bau badan, bau mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, serta mengobati keputihan pada wanita. Di Indonesia sendiri, secara tradisional daun sirih sudah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai tanaman obat sejak berabad-abad lamanya. Orang tua jaman dahulu banyak yang menggunakan daun sirih untuk dikunyah langsung, dan biasanya daun sirih dikunyah bersamaan dengan gambir, buah pinang dan kapur. Daun sirih umumnya berwarna hijau, meskipun ada juga daun sirih yang berwarna merah dengan batang bulat  tumbuh merambat dan beruas, dimana pada ruasnya merupakan tempat keluarnya akar.



Sebagai tanaman atau tumbuhan obat, sirih diketahui mengandung banyak zat antiseptik pada seluruh bagiannya. Zat antiseptik atau germisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa (lapisan kulit dalam). Antiseptik berbeda dengan antibiotik dan disinfektan, yakni kalau antibiotik digunakan untuk membunuh mocroodi dalam tubuh, sedangkan disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati. Hal ini disebabkan karena antiseptik dianggap lebih aman diaplikasikan pada jaringan hidup daripada disinfektan. Oleh karenanya maka penggunaan disinfektan lebih ditujukan pada benda mati, contohnya wastafel atau meja. Namun antiseptik yang kuat dan dapat mengiritasi jaringan kemungkinan dapat dialihfungsikan menjadi disinfektan, Dengan sifat antiseptiknya, sirih sering digunakan untuk menyembuhkan kaki yang luka karena mengandung styptic buat menahan pendarahan dan vulnerary yang menyembuhkan luka pada kulit.

Secara klinis daun sirih ternyata juga telah teruji sebagai obat tanaman yang berkhasiat. Uji klinis tentang khasiat daun sirih di Indonesia, telah dilakukan oleh Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Dari hasil uji klinis tersebut dikatakan, bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo. Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan. Pengobatan ini hanya bersifat membantu menggerakkan diri mereka sendiri untuk menyelesaikan problem, tanpa melihat apakah substansi yang mereka terima adalah aktif secara kimiawi atau tidak aktif.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dan khasiat daun sirih yang dapat digunakan sebagai obat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Namun untuk memudahkan kita mengingatnya, maka dalam postingan kali ini saya hanya akan share manfaat daun sirih untuk sepuluh jenis penyakit. Untuk mengetahui manfaat dan khasiat seputar mengenai daun sirih ini, selengkapnya dapat anda lihat disini

Berikut adalah manfaat daun sirih dan cara pemanfaatanya untuk mengobati berbagai penyakit, sebagai berikut :

1. Batuk => Caranya: Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.

2. Bronkitis => Caranya: Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.

3. Menghilangkan bau badan => Caranya: Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari. 
 

4. Luka bakar => Caranya: Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Lumatkan dan peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.

5. Mimisan => Caranya:  Ambil 1  lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah. 
 

6. Mata Gatal dan Merah => Caranya: Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.

7. Menghentikan Gusi Berdarah => Caranya:  Rebus 4 lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur. 
 

8. Sariawan => Caranya:  Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai. 
 

9. Menghilangkan Bau Mulut => Caranya:  Ambil 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur. 

10. Keputihan => Caranya: Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.

Sumber Rujukan :