24 Desember 2013

Tips Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Sakit gigi adalah sebuah rasa sakit atau tepatnya rasa nyeri yang dialami pada gigi. Ada banyak sekali yang dapat menyebabkan sakit gigi, antara lain penyakit rahang atau gingivitis dan lainnya. Penyakit ini akan menyerang rasa sakit di sekitar rahang dan gigi. Menurut penelitian, sakit pada gigi disebabkan oleh masalah-masalah yang ditimbulkan oleh gigi seperti gigi retak, penyakit gusi dan masih banyak sekali.

Tingkatan penyakit gigi ini beragam, dari yang ringan sampai kronis yang sangat tajam dan menyiksa kita. Rasa sakit ini dapat menjadi lebih buruk saat mengunyah makanan yang masih dingin atau yang masih panas. Sakit gigi juga biasanya disebabkan oleh masalah yang lain bukan hanya dari gigi dan rahang saja. Menurut sumber yang saya baca, sakit pada gigi merupakan salah satu gejala yang mengakibatkan penderita terkena penyakit jantung dan stroke. Oleh karenanya kita perlu berhati-hati dan jangan menganggap sepele dengan penyakit ini.

PENYEBAB SAKIT GIGI

Penyebab Sakit gigi yang paling umum kita dengar adalah gigi berlubang (rongga gigi) dan gusi yang bengkak. Tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Ada banyak penyebab sakit gigi yang harus kita ketahui agar kita bisa terhindar dari sakit gigi. Berikut merupakan penyebab sakit gigi yang sering terjadi:

1. Gigi Berlubang dan Abses Gigi

Penyebab Sakit Gigi yang paling sering kita temui adalah Gigi Berlubang dan Abses Gigi. Gigi Berlubang atau biasa dinamakan Karies Gigi adalah penyakit dalam yang membuat lubang gigi dan merusak lapisan terluar dari gigi yang disebut enamel dan dentin. Enamel merupakan lapisan terluar dari gigi, sedangkan dentin merupakan lapisan kuning yang berada di bawah enamel. Kedua lapisan ini berfungsi untuk melindungi jaringan hidup di bawahnya, yang disebut pulp. Di dalam pulp terdapat pembuluh darah dan syaraf. Bakteri jenis tertentu di dalam mulut sanggup mengubah gula (glukosa) menjadi asam. Asam yang terbentuk tersebut tercampur dengan air liur, campuran asam dan air liur dapat melunakkan enamel dan dentin sehingga terbentuklah lubang gigi pada gigi. Bayangkan jika kita tidak pernah membersihkannya. Lubang kecil yang awalnya terbentuk lama kelamaan akan menjadi besar dan menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan. Di lubang gigi sampai ke daerah pulp dan menjadi sarang dari sisa–sisa makanan maka racun dan bakteri dari makanan dapat mengganggu kinerja pembuluh darah dan syaraf di dalam pulp serta cairan yang dingin serta panas yang kita konsumsi akan langsung mengenai pulp, sehingga sakit gigi bisa terjadi.

2. Penyakit Gusi

Penyakit gusi bisa terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada jaringan lunak (gusi) dan hilangnya secara tidak wajar tulang yang mengelilingi dan memegang gigi pada tempatnya. Sebab lain adalah adanya racun yang di keluarkan oleh bakteri di dalam “plak” yang telah menumpuk dari waktu ke waktu dan berada di bawah garis gusi. Plak adalah campuran dari asam yang di hasilkan oleh bakteri dan air liur. Gejala awal penyakit gusi ini adalah terjadinya pendarahan pada gusi tanpa di sertai rasa sakit. Jika sudah mulai parah maka akan timbul rasa nyeri. Hal ini terjadi karena hilangnya tulang di sekitar gigi dan akan membentik kantong gusi dalam. Dengan adanya kantong gusi maka bakteri bisa masuk kedalamnya, dan bakteri dalam kantong gusi dapat menyebabkan infeksi gusi, seperti bengkak nyeri dan kerusakan yang lebih lanjut.

3. Akar gigi sensitif

Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah akar gigi yang sensitif. Akar gigi yang sensitif terjadi karena akar gigi yang terbuka biasanya akar lebih rendah dua pertiga dari yang biasa di kubur di tulang. Hal ini di sebabkan karena bakteri telah melarutkan tulang sekitar akar sehingga gusi dan tulang menjadi surut dan memperlihatkan akar.Kondisi ini di sebut resesi yaitu akar yang terbuka sehingga sangat sensitive terhadap makanan dingin panas dan asam. Karena sudah tidak mendapat perlindungan dari gusi.

4. Sindrom gigi retak

Sindrom gigi retak atau yang biasa di sebut cracked tooth syndrome merupakan penyebab sakit gigi yang lainnya. Gigi retak ini bisa di sebabkan oleh gigi patah tanpa rongga atau penyakit gusi lanjut. Menghindari mengunyah atau menggigit benda yang keras bisa menjadi solusi. Karena gigi yang retak atau patah ini dapat mengakibatkan nyeri yang sangat luar biasa pada saat mengunyah atau menggigit.

5. Gangguan temporomandibular joint (TMJ)

Gangguan pada sendi temporomandibular bisa mengakibatkan rasa sakit yang biasa terjadi di sekitar telinga atau di rahang bawah. Engsel TMJ rahang bawah bertanggung jawab atas kemampuan untuk mengunyah ataupun berbicara. Jika engsel ini mengalami gangguan maka pada saat gigi mengunyah akan terasa sakit dan menjadi penyebab sakit gigi.

6. Erosi gigi atau Impaksi

Erosi gigi atau impaksi ini terjadi pada saat gigi tumbuh dan gagal muncul ke posisi yang tepat di bawah gusi atau tulang. Pada saat gigi besar di bagian belakang mulai memunculkan gigi permen karet di sekitarnya mengalami peradangan dan menjadi bengkak, hal ini yang mengakibatkan nyeri dan rasa sakit pada gigi.

CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi, baik dengan cara alami (tradisional) maupun dengan kimia yaitu dengan memakan obat atau pil yang mempunyai khasiat penyembuh untuk penyakit gigi ini. Namun pada kesempatan ini saya hanya akan share cara mengobati sakit gigi dengan cara alami atau tradisional saja. Berikut beberapa cara pengobatan sakit gigi secara alami (tradisional).

1. Mengobati Sakit Gigi Dengan Belimbing Wuluh

Cara mengobati; ambil 5 buah belimbing wuluh, lalu belimbing-belimbing wuluh cuci hingga bersih. Lalu makan dengan dicampurkan sedikit garam ditempat gigi yang berlubang.

2. Mengobati Sakit Gigi Dengan Bawang Putih

Cara mengobati; ambil satusiung bawang putih, lalu  bawang putih dipotong-potong halus. Setelah itu taburkan garam secukupnya sehingga tercampur, lalu kunyah bawang putih itu ditempat gigi anda yang sakit hingga rasa sakit itu lama kelamaan akan hilang. Cara ini bukan hanya untuk mengobati saja, Anda bisa melakukan terapi ini untuk memperkuat struktur gigi Anda.

3. Mengobati Sakit Gigi Dengan Air Garam

Caranya; siapkan air hangat setidaknya 1/2 sampai 1 gelas sudah cukup, lalu Anda masukkan beberapa sendok garam, kemudian aduk hingga merata hingga garam tercampur dengan air hangat tersebut. Setelah itu Anda gunakan air hangat campuran garam tadi untuk berkumur, atau disebut juga dengan mouthwash. 

4. Mengobati Sakit Gigi Dengan Terapi Cabai Hijau

Caranya; ambil sebuah cabai hijau, kemudian ujung cabai hijau tersebut dibakar sedikit hingga panas. Setelah panas, lalu tempelkan ujung cabe yang terbakar tadi pada gigi Anda yang terasa sakit.

5. Mengobati Sakit Gigi Dengan Minyak Tempurung Kelapa

Caranya; Anda sediakan sebuah tempurung kelapa yang sudah siap atau dengan kata lain sudah dibelah. Lalu persiapkan pula beberapa kapas, jumlah kapas terserah Anda yang penting cukup. Setelah semua bahan siap, ambil tempurung kelapa tadi lalu bakar sampai keluar minyaknya. Setelah itu oleskan minyaknya pada kapas atau ambil saja minyak nya dengan kapas tadi, kemudian tempelkan kapas yang sudah ada minyaknya tadi ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit, hinga penyakit gigi Anda akan sembuh.
___________________________________



Sumber: