26 Desember 2011

Manfaat "DUNIA MAYA"

Banyak orang yang menganggap bahwa Dunia Maya itu sebagai sesuatu yang tidak nyata, dengan kata lain disebut dunia hayal atau semu. Hal ini dapat dimaklumi, karena bagi orang yang memaknai pengertian dunia maya sebagai dunia tidak nyata atau dunia hayal, mungkin mereka merujuk kepada pengertian kata maya, yang berarti semu atau tidak nyata. Maya atau virtual secara harfiah memang diartikan sebagai “antara ada dan tiada”.

Kalau kita memaknai dunia maya berdasarkan pengertian dari kata "maya", memang bisa jadi dunia maya itu dapat dianggap sebagai dunia yang  tidak nyata atau dunia hayal. Padahal apabila kita pahami lebih dalam, justru pengertian dunia maya mengandung makna yang lebih luas dari hanya sekedar bayang-bayang semu atau hayalan. Dunia Maya yang dimaksud dalam pengertian ini adalah sebutan dari istilah lain yang disebut Internet. Sementara pengertian dari Internet itu sendiri, yang merupakan kependekan dari interconnected-networking, ialah suatu system yang dioperasikan dengan perangkat berupa rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan interaksi dan komunikasi bagi orang-orang yang menggunakannya layaknya di kehidupan dunia nyata. Oleh karena dunia maya merupakan istilah lain dari internet, maka dunia maya seakan menjadi nyata bagi orang yang dapat mengakses dan memanfaatkannya, karena dunia maya adalah sebutan lain dari istilah internet dan bukan maya dalam pengertian harfiah yang berarti semu atau tidak nyata. 

Dunia Maya menurut pengertiannya adalah media elektronik dalam jaringan  komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif. 

Melalui akses dunia maya, kita dapat melanglang buana keseluruh penjuru dunia, berinteraksi dan berkomunikasi satu dengan lainnya. Melalui akses dunia maya pula, kita dapat belajar dan mengajar untuk memperoleh atau memberi tentang  beragam informasi dan ilmu pengetahuan hanya dengan duduk di depan komputer. Kita tidak perlu repot-repot untuk membeli buku-buku atau bahan bacaan lainnya, yang bisa jadi isi rak buku kita sudah penuh sesak, bahkan kita harus mengkoleksi pula buku-buku tersebut sebagai bahan bacaan untuk memperoleh beragam ilmu pengetahuan itu. 

Selain itu, beragam keinginan atau kebutuhan apapun yang kita kehendaki yang berhubungan dengan kehidupan manusia, akan dapat kita peroleh melalui akses dunia maya layaknya di kehidupan dunia nyata. Para ahli dan pakar dari pelbagai disiplin ilmu pengetahuan dan pelbagai latar belakang pendidikan telah menuangkan karya-karyanya melalui dunia maya atau internet.  Pelbagai bentuk dan cara yang beragam pula karya-karya mereka dituangkan di sana, baik dalam bentuk tulisan, ekspresi, foto/gambar, animasi, audio/video, kegiatan-kegiatan, dan lain-lain, yang kesemuanya mungkin telah mereka dapat baik dari pengalaman pribadi, dari hasil penelitian, investigasi, belajar-mengajar, membaca buku atau media cetak lainnya, melihat atau mendengar sesuatu, menonton televisi, dan lain sebagainya. 

Ada Beragam manfaat yang dapat kita peroleh melalui akses Dunia Maya atau Internet. Secara umum manfaat yang dapat diperoleh jika seseorang mengakses dunia maya, antara lain:
  1. Tentang  Informasi  kehidupan  Pribadi, seperti :  kesehatan, rekreasi, hobby, pengalaman pribadi, pengemabngan diri, rohani, sosial. 
  2. Informasi  untuk  kehidupan  professional atau pekerja, seperti  :  Sains, teknologi, perdagangan,  saham,   komoditas,   berita  bisnis,  asosiasi  professi/bisnis, berbagai forum komunikasi. 
Manfaat lain dari Dunia Maya atau yang disebut juga Media Maya (cyber Word) antara lain: 
  1. Menghubungkan  orang  dengan  komputer,  contohnya;   Remote connections untuk pengecekan terhadap sekian banyak servers yang tersebar dibeberapa tempat (kota dan negara).
  2. Menghubungkan komputer dengan komputer, contohnya;  Remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan  jaringan LAN di network tertentu.
  3. Menghubungkan orang dengan bank, contohnya; Internet Banking.
  4. Menghubungkan orang dengan orang, contohnya; Surat menyurat, atau yang  disebut  e-mail.  Fax through  internet  (internet Fax).
  5. Menghubungkan  orang dengan instansi  tertentu,  contohnya; Hackers. Karena internet  bersifat  open  loop,  walaupun  setiap jaringan tertentu memasang security.
  6. Menghubungkan orang dengan profesional bidang tertentu, contohnya; Dunia medic. (Dokter jaman sekarang bisa melakukan operasi ordiagnosis dari jarak ribuan miles dengan  menggunakan media internet,tidak lagi harus didepan sang pasien). 
  7. Dan masih banyak lagi fungsi berikut contoh dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.  Ini menunjukkan tidak  adanya batasan ruang  dan  waktu  untuk  berinteraksi   atau   berkomunikasidengan adanya Dunia Maya ini. 
Demikianlah beragam manfaat dunia maya, maka betapa sangat luasnya manfaat yang dapat kita peroleh  dari mengakses Dunia Maya atau Internet. Bagi orang yang mengetahui, maka Dunia Maya bagaikan gudang dunia yang berisi beragam  informasi dan ilmu pengetahuan, juga beragam keinginan dan kebutuhan hidup manusia yang dapat kita peroleh layaknya di kehidupan diunia nyata,

Sumber Rujukan :
Kirana Al Abbas => Multy Play.