22 Juli 2012

Ditemukannya Kembali Kota Kuno Yang Hilang

Sungguh menakjubkan, beberapa kota kuno di dunia yang sudah hilang telah ditemukan kembali. Replika kota-kota kuno dengan keindahan arsitektur dan juga pemilihan tempat yang unik untuk mendirikan dan membangunnya, menunjukkan betapa peradaban kuno pun sudah sangat mengagumkan, baik dalam berfikir maupun daya kreativitasnya yang inovatif. Di bawah ini adalah 10 kota kuno termegah dan terindah di dunia yang telah hilang dan telah ditemukan kembali, meskipun masih banyak lagi kota-kota kuno lainnya yang hilang dan telah ditemukan kembali. Kota-kota tersebut antara lain sebagai berikut:

1. MACHU PICCU (Peru)

 
Machu Picchu adalah kota terpencil yang terletak di ketinggian 2.430 meter  di punggung bukit di atas Lembah Urubamba Valley di Peru. Machu Picchu adalah simbol yang paling dikenal dari kerajaan Inca, dan sering disebut sebagai "Kota hilang bangsa Inca". Kota ini pernah ditemukan dan dijarah oleh Conquistador, kemudian ditemukan pula sejarawan Yale dan penjelajah Hiram Bingham pada tahun 1911, yang membawa kota ini menjadi dikenal di luar daerah. Dikatakan, bahwa benteng tersebut adalah tempat kelahiran tradisional atau pusat spiritual masyarakat inca. 

Kota ini dibangun sekitar tahun 1450 M oleh suku Inca atau pada puncak kekaisaran Inca, dan ditinggalkan kurang dari 100 tahun kemudian. Kemungkinan besar ketika itu sejumlah penduduknya diberangus dengan cacar dibawa dari Eropa oleh bangsa Spanyol. Ada banyak spekulasi mengenai apa Machu Picchu, digunakan untuk apa, dan mengapa suku Inca memilih membangun di lokasi aneh?. Beberapa orang mengatakan, ini adalah bait suci macam, sementara yang lain berpendapat bahwa itu digunakan sebagai penjara. Tetapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mungkin itu harta pribadi kaisar Inca Pachacuti, dan lokasi ini dipilih karena pegunungan di dekatnya menonjol dalam mitologi Inca. 

2. PALMYRA (Syria) 

 
Palmyra, pada zaman dahulu adalah kota penting pusat pemerintahan Suriah. Penyebutan terdokumentasi paling awal kota dengan pra-Semit Tadmor namanya. Palmyra merupakan sebuah kota yang kaya dan elegan, terletak di sepanjang rute kafilah menghubungkan Persia dengan pelabuhan Mediterania dari Romawi Suriah dan Phoenicia, berada di bawah kendali Romawi. Selama periode berikut kemakmuran besar, warga Arab Palmyra mengadopsi kebiasaan dan cara berpakaian dari kedua dunia Parthia Iran di sebelah timur dan Graeco-Romawi barat.

Tadmor disebut sebagai kota gurun yang dibangun oleh Salomo Raja Yudea, putra Daud. Palmyra dibuat bagian dari provinsi Romawi di Suriah pada masa pemerintahan Tiberius (14-37). Ini terus tumbuh di penting sebagai rute perdagangan menghubungkan Persia, India, Cina, dan kekaisaran Romawi. Dalam 634 umat Islam pertama kali tiba di Palmyra. Kota ini diambil oleh orang Arab Muslim di bawah Khalid ibn Walid di 636. Pada abad ke-6, oleh Fakhreddine al Maany dibangun benteng di atas sebuah gunung yang menghadap ke oasis. Puri ini dikelilingi oleh parit, dengan akses hanya tersedia melalui jembatan tarik. Kota Palmyra dijaga utuh. Setelah 800 tahun, orang-orang mulai meninggalkan kota.

3. POMPEII (Italy)

 
Kota Romawi Pompeii ini dahulu telah hancur dan terkubur pada tahun 79 M, setelah gunung berapi Vesuvius meletus dan mengubur seluruh komunitas di bawah 60 kaki dengan abu dan batu dari letusan gunung berapi. Pada waktu itu, kota ini diperkirakan memiliki sekitar 20.000 penduduk. Setelah letusan gunung berapi, kota ini hilang selama hampir 1700 tahun sebelum tanpa sengaja ditemukan kembali pada 1748 oleh para pekerja untuk membangun istana Raja Naples, dan sejak itu Pompeii telah menjadi sumber konstan penggalian oleh arkeolog. Ironisnya, kehancuran Pompeii yang disebabkan oleh Vesuvius, yang pda saat itu menenggelamkan begitu banyak lukisan-lukisan dinding dan patung-patung, justru membuat Pompeii menjadi bagian penting sejarawan modern untuk pemahaman hidup di zaman Roma kuno, dan hanya menemukan sisa-sisa dari kota itu. Pompeii saat ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Italia dan menjadi situs warisan dunia UNESCO. 

4. ANGKOR (Kamboja)

Angkor menjabat sebagai kursi kekaisaran Khmer yang berkembang dari sekitar abad ke-9 sampai abad ke-15 lebih, tepatnya periode Angkorian dapat didefinisikan sebagai periode 802 M sampai 1431 M, ketika Khmer Hindu raja Jayavarman II menyatakan dirinya raja "universal" dan "raja-dewa" dari Kamboja, ketika penjajah Thailand dipecat dari ibukota Khmer, yang kemudian menyebabkan penduduknya bermigrasi ke daerah selatan Phnom Penh. Kota ini relatif tak tersentuh hingga 1800-an, ketika sekelompok arkeolog Prancis mulai memulihkannya. Candi-candi dari jumlah daerah Angkor lebih dari seribu, mulai skala dari tumpukan mencolok puing bata tersebar melalui sawah ke Angkor Wat megah. Kuil Angkor dikatakan sebagai monumen keagamaan terbesar dunia. Reruntuhan Angkor terletak di tengah hutan dan lahan pertanian di sebelah utara Danau Besar (Tonle Sap) dan selatan Perbukitan Kulen, dekat Siem Reap modern. 

5. MEMPHIS (Mesir)
 
Memphis adalah ibu kota Mesir kuno dari nome pertama Mesir Hilir, dan bertugas sebagai pusat administratif peradaban selama ratusan tahun sebelum ditinggalkan dengan bangkitnya Thebes dan Alexandria. Menurut Herodotus, kota ini didirikan sekitar 3100 SM oleh Menes, yang menyatukan dua kerajaan Mesir. Nama "Memphis" adalah deformasi Yunani dari nama Mesir piramida Pepi I, Pria-Nefer, yang menjadi Menfe di Koptik. Pada puncak kejayaannya, Memphis menurut Chandlerm, memperkirakan memiliki populasi lebih dari 30.000 penduduk, dan membuatnya menjadi kota terbesar di dunia pada jamannya. Selama bertahun-tahun, lokasi Memphis menjadi hilang, dan itu menjadi bahan perdebatan di antara arkeolog sebelum ditemukan kembali oleh ekspedisi Napoleon di akhir 1700-an. Sisa-sisa kuil Ptah dan Apis telah ditemukan di lokasi serta beberapa patung, termasuk dua empat meter yang di alabaster Ramses II.

6. PETRA (Yordania)

Petra Yordania terletak di lereng Gunung Hor di dekat Laut Mati, dan diyakini pernah menjadi pusat perdagangan karavan Nabataean. Fitur yang paling menonjol adalah arsitektur batu yang indah, yang diukir dari batuan pegunungan di sekitarnya. Petra sebuah kota dengan benteng alami ketika didirikan sebagai modal dalam 100 SM, dan bukti menunjukkan bahwa fitur banyak kemajuan teknologi lainnya seperti bendungan dan waduk, yang membantu para penghuni kawasan saluran banjir bandang dan menyimpan air untuk digunakan pada saat-saat kekeringan. Setelah ratusan tahun kemakmuran, penduduk kota pergi ke Roma menurun setelah menaklukkan daerah sampai akhirnya pada tahun 363 gempa bumi menghancurkan beberapa bangunan dan infrastruktur lumpuh. Petra akhirnya ditinggalkan, dan itu berdiri selama ber-tahun-tahun di padang pasir sebelum dinyatakan kepada dunia oleh penjelajah Swiss bernama Johann Ludwig Burckhardt pada tahun 1812. Reruntuhan Petra adalah obyek dari rasa ingin tahu pada Abad Pertengahan dan dikunjungi oleh Sultan Baibars Mesir menjelang penutupan abad ke-13.

 7. TROY (Turki)
 
Troy terkenal dalam puisi-puisi epik Homer. Troy sangat legendaris sekali, kota yang terletak di Turki modern, dikenal sebagai situs dari Perang Troya. Troy kuno adalah kota benteng yang kuat yang berdiri di atas bukit dekat sungai Scamander. Lokasi pantai yang memungkinkannya untuk menjadi kekuatan angkatan laut, dan dataran dekatnya disediakan lahan untuk pertanian baik. Troy pertama kali digali di tahun 1870-an oleh Heinrich Schliemann, menemukan berbagai kota di situs, yang selama bertahun-tahun telah dibangun di atas satu sama lain. Meskipun pernah menjadi kursi kekuasaan yang menjulang, hasil dari bertahun-tahun menggali dan sering dijarah oleh wisatawan.

8.  PALENQUE (Meksiko)
 
Palenque adalah kota Maya kuno di dekat Sungai Usumacinta di negara bagian Meksiko, Chiapas. Palenque merupakan
salah satu kota Maya yang paling indah di dunia, berisi beberapa arsitektur terbaik, patung, sisir atap dan relief ukiran Maya yang dihasilkan. Kota kuno bangsa Maya Palenque, dengan pengaturan hutan yang luar biasa dan arsitektur indah dan dekorasi, adalah salah satu keajaiban Meksiko. Pertama ditempati sekitar 100 SM, kemudian berkembang dari sekitar 600 sampai 700 Masehi. Kota ini menjadi terkenal di bawah kekuasaan Pakal, seorang raja klub berkaki yang memerintah 615-683 Masehi, yang diwakili oleh hieroglif matahari dan perisai, ia juga disebut sebagai Sun Shield atau Putih Macaw. Selama masa pemerintahannya di Pakal banyak Plaza dan bangunan, termasuk de las Inscripciones Templo superlatif (Mausoleum-nya), dibangun di Palenque, ditandai dengan plesteran sangat halus bas-relief. 

Pakal adalah putra Chan-Bahlum II melanjutkan ekspansi Palenque politik dan ekonomi dan perkembangan seni dan arsitektur dan memimpin pembangunan de Grupo la Cruz candi, menempatkan stelae narasi batu yang cukup besar dalam setiap. Satu dapat melihat pengaruh arsitektur Palenque di kota Tikal suku Maya. Sebuah sumber mengatakan, Palenque hancur oleh serangan Tonina di tahun 730 Masehi. Setelah abad ke-10 Palenque ditinggalkan oleh sebagian besar penduduknya dan hilang sebelum kemudian kembali oleh Frans Blom, seorang peneliti pada awal abad pertengahan 20, ia mengatakan: 'Kunjungan pertama ke Palenque adalah sangat mengesankan. Ketika seseorang telah tinggal di sana selama beberapa waktu kota ini hancur menjadi obsesi." 

9. VIJAYANAGAR (India)


Vijayanagar adalah ibukota salah satu kerajaan Hindu terbesar yang pernah ada, didirikan oleh Sangama pangeran dinasti Harihara dan Bukka di 1336 M. Kekuatannya mencapai puncaknya di bawah Krishnadevaraya (1509-1529), ketika dikontrol hampir seluruh bagian selatan semenanjung Krishna dan sungai Tungabhadra. Dijelaskan oleh wisatawan Portugis Nunez dan Paes, Vijayanagar adalah pusat perdagangan internasional waktu itu. Kekaisaran ini runtuh setelah pertempuran Talikota pada 1565 ketika kota itu dijarah oleh konfederasi sultan Deccan (Bidar, Bijapur, Golconda, Ahmednagar dan Berar), sehingga membuka selatan India untuk penaklukan Muslim
.


10. EFESUS (Turki)
 

Efesus adalah sebuah kota Yunani Ionia di Anatolia kuno, yang didirikan oleh kolonis dari Athena di abad ke-10 SM. Kota ini terletak di Ionia, di mana Sungai Cayster (Kucuk Menderes) mengalir ke Laut Aegea, dan merupakan bagian dari Liga Panionian. Efesus host salah satu dari tujuh gereja di Asia, dan merupakan tempat kuburan Gladiator besar. Efesus adalah pusat penting bagi kekristenan awal. Paulus menggunakannya sebagai dasar. Ia menjadi terlibat dalam sengketa dengan pengrajin, yang mata pencahariannya tergantung pada Kuil Artemis di sana dan menulis 1 Korintus dari Efesus.


Sumber :